MENGENAL MACAM-MACAM KOPLING PADA SEPEDA MOTOR

MENGENAL MACAM-MACAM KOPLING PADA SEPEDA MOTOR

MENGENAL MACAM-MACAM KOPLING PADA SEPEDA MOTOR

Kopling adalah sebuah sistem yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutus tenaga yang berasal dari poros engkol menuju ke transmisinya (atau kebanyakan orange menyebutnya dengan gigi persneling). Jenis kopling yang banyak ditemukan di pasaran Indonesia adalah kopling jenis manual dan kopling otomatis.

Sistem penyusun kopling

Secara garis besar kopling terdiri dari dua bagian utama yaitu:

  1. Rumah Kopling yang akan ikut berputar bersama dengan poros engkol. Keduanya digerakkan oleh roda gidi yang berada di ujung poros engkol
  2. Pusat Kopling. Alat ini dipasang pada ujung dari poros utama persneling sepeda motor.

Sedangkan untuk meneruskan perputaran rumah kopling menuju pusat kopling, pabrikan akan menyusun beberapa plat untuk memaksimalkan kinerjanya. Plat yang dimaksud adalah:

  1. Kanvas kopling atau plat gesek. Plat ini dipasang dengan mengaitkan ‘lidah’nya pada rumah kopling. Gerakan dari plat ini mengikuti gerakan memutar dari rumah kopling
  2. Plat-plat baja dipasang dengan mengaitkannya  di pusat kopling. Gerakannya juga sama dengan kanvas kopling yaitu berputar. Bedanya plat baja ini berputar mengikuti pusat kopling sepeda motor.

Kamu bisa menemukan jenis kopling otomatis pada banyak motor bebek atau skuter matic di jalan. Sedangkan untuk kopling otmatis kebanyakan ditanamkan pada jenis motor sport yang banyak disukai oleh kaum adam.. Walaupun sama-sama dinamakan kopling, keduanya mempunyai cara kerja yang berbeda. Di bawah ini akan dijelaskan cara kerja kopling manual dan kopling otomatis pada sepeda motor.

Cara kerja kopling pada sepeda motor

Kopling Manual

Pada jenis kopling ini, memerlukan sebuah bantuan untuk melakukan kinerjanya. Alat yang membantu proses menghubungkan tersebut dinamakan handle kopling. Untuk cara kerja dari kopling manual dimulai ketika pengendara sepeda motor mulai menarik handle kopling. Pada saat inilah tenaga akan terputus. Dan keadaannya akan berbalik jika handle dilepaskan maka tenaga akan terhubung kembali.

Penjelasan lebih lanjut mengenai kinerja kopling manual yaitu bila handle kopling bebas maka plat tekat dan plat gesek akan ersinggungan dengan piringan penekan yang didorong  oleh bantuan pegas kopling. Dengan cara ini maka tenaga putar yang berasal dari poros engkol akan sampai kepada roda belakang dari sepeda motor. Sedangkan bila ditarik tenaga tersebut tidak akan sampai pada poros utama.

Untuk mengendarai sepeda motor dengan kopling manual disarankan melepaskan handle koplingnya secara perlahan-lahan. Cara ini dimaksudkan agar tenaga yang terhubung kembali tidak langsung besar dan membuat kaget para pengendaranya dan menyebabkan hilangnya penguasaan dari sepeda motor. Walaupun begitu bagi penyuka motor dengan tenaga cukup besar pemilihan jenis motor kopling manual sangat disarankan.

Kopling Otomatis

Berbeda dengan kopling manual yang mengandalkan kabel kopling atau cairan hidrolik pada kopling otomatis mengandalkan komponen kopling sentrifugal. Jenis sistem kerja kopling otomatis sebagai berikut:

Jika sepeda motor berjalan dan perputaran mesinnya bertambah maka gaya sentrifungal akan semakin besar. Gaya tersebut akan mendorong kanvas kopling hingga sampai rumah kopling yang mempunyai gaya yang lebih besar dari gaya pengembali. Rumah kopling tersebut akan berputar.

Saat berputar inilah tenaga dari gigi pertama digerakkan. Sedangkan untuk kopling kedua penempatannya bersama dengan poros center dan terhubung dengan persneling. Saat gigi tersebut dipindahkan maka kopling kedua juga ikut terbebaskan dari pergerakan gear shifting shaft.

Intinya kinerja kopling otomatis berlangsung bersamaan dengan menggati persneling pada sepeda motor. Karena pada saat persneling diinjak, kopling akan menekan kampas kopling yang berada di gearbox sepeda motor.

Posted on 11-08-2016 by SCM STORE Panduan Sparepart Motor 0 2308

Leave a CommentLeave a Reply

You must be logged in to post a comment.
Prev
Next

No products

To be determined Shipping
Rp‎ 0 Total

Check out

free html hit counter